Sabtu, 01 Oktober 2016

Susu Sapi, si cairan putih kaya akan manfaat





Komponen
Komposisi per 100 gram
Air
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalsium (Ca)
Fosfor (P)
Besi (Fe)
Vitamin B1
Vitamin C
Vitamin A
88 g
3,2 g
3,5 g
4,3 g
143 mg
60 mg
1,7 mg
0,03 mg
1 mg
130 mg
















Sumber : Buckle et.al , 1987

Siapa sih yang tidak tahu susu sapi? Dihasilkan secara alami oleh sapi, susu mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B2, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan zinc. Kandungan zat besi dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar. Kandungan vitamin A dan vitamin B2 memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. 

Manfaat Kalsium dalam susu tentu tidak usah diragukan lagi, yaitu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang. Selain itu, kandungan zinc pada susu juga bermanfaat untuk melindungi membran sel kita dari kerusakan akibat dampak radikal bebas yang bisa disebabkan oleh logam berat dalam tubuh, seperti besi atau tembaga. Zinc juga merupakan bagian penting dari antioksidan dalam tubuh yang disebut dengan superoksida dismutase, yang diperlukan oleh organ hati untuk mengikat racun yang akan dibuang dari tubuh. Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.

Nah sangat banyak manfaat yang dapat kita temukan di dalam segelas susu, apalagi jika kita mengkonsumsi susu setiap hari. Bagi para Untarian yang ingin mengkonsumsi susu untuk mendapatkan manfaatnya tidak usah repot – repot mencari susu hingga ke peternakannya. Kita dapat langsung mengkonsumsi menu Susu Murni yang dijual oleh Dokter Susu yang ada di Cantina Kampus I Untar dan di samping pintu samping Kampus I Untar. Dengan merogoh kocek Rp. 7.000,- saja kita dapat menikmati manfaat susu. Victor salah satu pemilik Dokter Susu selalu memastikan kualitas susunya agar selalu tetap terjaga dengan baik mengingat susu sangat rentan basi. "Ya kita pastikan susu sampai dengan baik kepada pelanggan lah, kalo ngga mah bukannya bikin sehat malah bikin sakit dong ya gaboleh lah hahaha." Ucapnya sambil tertawa. 

Manfaat mengkonsumsi susu sendiri sudah diakui oleh Michael, mahasiswa FSRD 2014 yang sudah menjadi pelanggan tetap Dokter Susu mengaku senang membeli susu di Dokter Susu dan merasa lebih fit dalam menjalani aktivitas di kampus. "Susunya enak, gue suka beli tiap hari walau harus ngantri lama sih. Manfaat nya juga kerasa jadi lebih fokus pas ngafal pelajaran." Nah, tunggu apalagi Untarian mari konsumsi susu agar lebih fokus dalam menjalani aktivitas! 

Penulis : Yessica Yulia 915140071


Tidak ada komentar:

Posting Komentar