Sabtu, 01 Oktober 2016

MANGROVE UNTUK JAKARTA


 


Pada Sabtu (23/4) silam, mahasiswa FIKom Untar melakukan kegiatan penanaman mangrove yang berlokasi di Pantai Marunda yang bernama “SEMANGKA : Seribu Mangrove untuk Kota Jakarta”. Ketua Pelaksana dari event SEMANGKA, yaitu Chicilia Wongsodiredjo, menuturkan bahwa terselenggaranya event ini karena tuntutan dari tugas mata kuliah Event Organizer. Meskipun begitu, ia ingin membuat suatu event yang dapat membangkitkan kesadaran mahasiswa untuk peduli dengan lingkungan.

Lokasi Ibu Kota Jakarta yang notabene berada di daerah pesisir serta kondisi lingkungannya yang terus menerus mengalami abrasi menjadi alasan utama terselenggaranya event ini.  Pasalnya, jalan keluar atas pengikisan tanah yang disebabkan banjir rob, dapat ditanggulangi dengan menanam mangrove. Lokasi penanaman mangrovenya pun dilihat dari daerah yang paling rusak, sehingga dipilihlah Pantai Marunda sebagai lokasi penanaman 1000 mangrove.

“Kita pilih Marunda karena lokasi di sana parah banget. Saat air laut pasang, rumah-rumah nelayan di pinggiran pantai itu hancur semua. Mereka kerepotan banget saat banjir rob datang karena ketutup air semua. Makanya kita menanam mangrove di sana”, ungkap Chicil.

Acara SEMANGKA ini pun berhasil menarik 300 orang peserta untuk ikut serta dalam penanaman mangrove. Salah seorang peserta bernama Jovita menceritakan alasannya mengikuti kegiatan ini, “saya ikut soalnya saya berpikir memang seharusnya yang jaga lingkungan itu kita. Kalau bukan kita yang jaga siapa lagi?”

Dari event menanam mangrove ini, diharapkan nantinya para mahasiswa dapat terus berperan aktif dalam kegiatan peduli lingkungan. Nah Untarian, apakah mengikuti kegiatan peduli lingkungan sudah menjadi gaya hidup kamu? Kalau belum, yuk mulai berperan dari sekarang.



Penulis : Eunike Tania / 915140214

Tidak ada komentar:

Posting Komentar