Sabtu, 01 Oktober 2016

UNTAR TURUT PEDULI DONOR DARAH

Kegiatan Donor Darah di Hall lantai 1, Gedung J, UNTAR I



Kegiatan donor darah sebagai salah satu kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan Universitas Tarumanagara (UNTAR) kembali dilaksanakan Rabu (14/9). Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama UNTAR dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Serang.


PMI Serang dan mahasiswa Unit Medis Reaksi Cepat (UMRC FK-UNTAR) kembali mengadakan aksi donor darah sebagai salah satu kepedulian untuk menolong sesama. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian untuk menolong sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berguna bagi orang lain. Kegiatan donor darah dilakukan di Hall lantai 1, Gedung J, UNTAR I. Donor darah ini mulai dilakukan sejak pukul 10.00 – 13.00.

Donor darah mencapai 50 hingga 100 orang pendonor dan acara donor darah tersebut mendapat sambutan positif dari dosen, karyawan, dan mahasiswa. Hal ini terlihat dari banyaknya yang mendaftarkan diri menjadi relawan pendonor darah. Sayangnya, tidak semua pendonor berhasil mendonorkan darahnya, dikarenakan tidak memenuhi syarat. Seperti tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah.

Adapun  satu orang pendonor darah yang pingsan dikarenakan tidak sarapan dan trauma terhadap suntikan. Tetapi tidak masalah hal tersebut segera diatasi oleh PMI Serang dan mahasiswa kedokteran.
Antusiasme pendonor saat mengikuti kegiatan donor darah
Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Bank Darah Serang. “Hampir setiap 3 bulan PMI Serang menggelar kegiatan donor darah karena rata-rata kebutuhan darah selalu meningkat.” Kata Rasito selaku anggota PMI. Memiliki tujuan untuk membantu sesama, dan mengurangi penyakit.

Anggota PMI yang datang 7 orang, UNTAR menyediakan fasilitas tempat serta koordinator. Darah yang telah terambil akan dilakukan uji coba khalayakan. Darah yang diperoleh tidak memenuhi syarat, akan dimusnakan. Dimusnahkan dengan cara dibakar ataupun dioven. Telah memenuhi syarat akan di kirim ke bank darah.

“terkadang ditemukan ada beberapa penyakit di dalam kandungan darah itu.” Kata Rasito.  Uji coba dilakukan dapat melihat jenis penyakit seperti HIV, Sifilis, hepatitis A dan B.

Berikut ada penghargaan bagi pendonor dengan catatan:


Penghargaan untuk Pendonor
10 kali pendonor
Sertifikat
25
Sertifikat + Hadiah
50
Sertifikat + Hadiah
75
Sertifikat + Hadiah
>100
Sertifikat + Hadiah + Piagam diberikan di Istana Presiden

Penulis: Martalena/915140120 & Yunita/915140162


Reporter: Martalena/915140120
Andre Prayoga/915140158
Yunita/915140162

Tidak ada komentar:

Posting Komentar