Sabtu, 01 Oktober 2016

Susu Segar Nasional Tidak Hanya Susu Biasa


Untarian,  tahukan Anda manfaat dari susu? Menurut Dr. Maradona, alumni FKG Trisakti, susu sendiri memiliki manfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, menambah kesehatan tubuh, membantu meringankan kerja otak besar serta menjaga kesehatan kulit.
Bicara mengenai susu masih ingatkah dengan jingle ini “ susu sapi nasional” ? Ini adalah jingle dari  Susu Segar Nasional. Tahukah Anda manfaat dari susu?  Susu yang sudah ada sedari kecil, sekarang sangat sulit untuk ditemukan. Untarian jika Anda sering melewati jalan kecil disamping Untar pasti pernah   menemukan Susu Segar Nasional dengan sepeda berkotak biru yang sudah berjualan di Untar sejak tahun 2013.  Namun ternyata, masih banyak mahasiswa Untar yang belum pernah mencoba susu ini, seperti Steven, mahasiswa semester 5 DKV Untar, “Saya ga bisa jawab soalnya belum pernah nyoba.”.

Menurut penjelasan Eko, Susu Segar Nasional sudah ada sejak tahun1990. Pemiliknya adalah orang Australia dan orang Indonesia, namun sekitar tahun 1997 terjadi perselisihan yang menyebabkan pecahnya bisnis susu ini. Pemiliknya yang merupakan orang Indonesia memutuskan untuk melanjutkan bisnis susu ini sendirian dan pemilik lainnya memutuskan untuk pulang ke Australia kemudian membangun bisnis susu baru. Susu Segar Nasional kemudian membangun pabrik di Semarang lalu setiap harinya dikirim ke distributor – distributor yang berada diluar daerah. Susu segar ini dibuat dari susu pengalengan.


Dulu Susu ini hanya dijual dalam kemasan gelas kecil, namun sekarang sudah dalam kemasan lain seperti botol maupun bantal. Dari segi rasa yang dulunya hanya ada rasa stoberi, cokelat, vanilla, dan murni, kini sudah ada rasa moka, jeruk, anggur dan lainnya. Meskipun ada banyak varian rasa, rasa cokelat tetap menjadi yang paling diminati pembeli.



Yang unik dari pembeli yang mayoritas adalah Untarian, ternyata tidak mengetahui bahwa Susu Segar Nasional tidak hanya menjual susu gelas, botol, bantal tapi ada juga yogurt  dengan rasa mangga, blueberry, strawberry, anggur, dan plain. Walaupun demikian, Susu Segar Nasional cukup diminati dikalangan Untarian. Terbukti dari penjualannya yang sehari mampu menghabiskan 120 – 150 gelas. Erlina adalah salah satu mahasiswi semester 3 Fakultas Ilmu Komunikasi yang lebih menyukai Susu Segar Nasional dibandingkan susu lain yang dijual di Untar. Harga asli dari pabrik adalah Rp.2200  – Rp.2500 dan oleh pedagang keliling dijual dengan harga Rp. 3000 – Rp. 4000. Susu Segar Nasional ini hanya dapat ditemukan di Untar sampai pukul 14.00.

Penulis : Jovita
Reporter : Jovita
Editor : Jovita
Foto : Jovita

Narasumber : Dr. Marodana, pedagang jajanan & mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar