Sabtu, 01 Oktober 2016

Goa Pindul, Wisata Unik Meyusuri Goa!

Hai Untarian! Untuk kalian yang ingin liburan ke Jogja dan mencari tempat-tempat liburan di daerah Jogjakarta, wajib kunjungi Goa Pindul, wisata unik menyusuri Goa!


Goa Pindul terletak di desa Bejiharjo, Gunung Kidul, Jogjakarta. Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja.

Goa Pindul yang dulu, hanya warga sekitar saja yang berani masuk karena keterbatasan alat dan penerangan. Warga juga masih menganggap goa ini sebagai goa yang sakral, sehingga tidak banyak yang berani masuk hingga ke dalam goa ini. Dahulu gua ini tidak terawat sama sekali dan sungai yang mengalir melewati gua sering digunakan masyarakat setempat untuk mandi, mencuci dan kegiatan lain dikarenakan air dari Goa Pindul ini yang sangat jernih.


Sampai akhirnya ada satu mahasiswa dari perguruan tinggi Jogjakarta yang akan meneliti bebatuan yang ada di dalam Goa Pindul. Setelah masuk dan melihat keindahan yang ada di dalam Gua, terbesit lah ide dari mahasiswa ini untuk menjadikan Goa Pindul sebagai objek wisata. Dari ide mahasiswa ini, ditelitilah Goa Pindul dari segi keamanan untuk dijadikan obyek wisata hingga pada akhir oktober 2010 warga serta pemerintah daerah meresmikan Goa Pindul sebagai objek wisata. Sehingga Goa Pindul pun menjadi sumber mata pencaharian juga bagi masyarakat di desa sekitar Goa Pindul.


Dan Desember 2015 kemarin salah satu mahasiswi Fikom Untar, Harlyn Yolanda bersama dengan teman-temannya pergi menikmati keindahan Goa Pindul. Menurut Harlyn, Goa Pindul merupakan objek wisata yang unik dan wajib dicoba. Mengapa? Karena cara menyusuri keindahan didalam Goa ini yang berbeda. yaitu dengan cara duduk di ban karet dan di tarik dengan tali oleh pemandu wisata selama menyusuri Goa. Ban karet besar tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air. Dan juga setiap orang sudah di lengkapi pelampung untuk keselamatan.
Harlyn bersama teman-temannya

Dengan harga tiket Rp 80.000,- kalian bisa menyusuri Goa Pindul serta Rafting. Menurut Harlyn pelayanan dari pemandu wisatanya juga sangat ramah. "Goa Pindul adalah wisata yang wajib dikunjungi bersama teman-teman. Asik, menarik, unik serta penuh tantangan apalagi suasana didalam Goa masih alami, masih banyak kelelawar yang bergantung diatas Goa." Ucap Harlyn.



Penulis : Agnes Brigitta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar