Sabtu, 01 Oktober 2016

Cara belajar Untarian

Mendekati musim ujian, para mahasiswapun mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian. Nah, kira - kira gaya belajar apa yang diterapkan oleh para mahasiswa khususnya Untarian?

1. Belajar dengan suasana sunyi dan tenang
Cara belajar dengan suasana sunyi ternyata menjadi cara andalan bagi Calvin mahasiswa Hukum angkatan 2013. "Karena materinya susah jadi gue harus bener - bener diem banget kalo mau hapal." Dia menambahkan kadang ia sampai harus belajar sampai subuh hari agar mendapatkan kesunyian yang cocok untuk menghafal materi dengan lebih lancar dan lebih tenang. 

2. Belajar sambil mendengarkan musik
Mendengarkan musik memang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, namun apakah belajar sambil mendengarkan musik juga menyenangkan? Wanda mahasiswa jurusan DKV Fakultas Seni Rupa dan Desain Untar rupanya lebih memilih cara belajar sambil mendengarkan musik karena menurutnya mendengarkan musik dapat membuat pikirannya menjadi lebih tenang dan dapat lebih berkonsentrasi. Musik yang didengarkan tentu bukan tipe musik hardrock metal, melainkan musik klasik instrumental piano seperti Fur Elise karangan Beethoven dan Canon in D Major karangan Pachelbel. "Abisnya lebih enak kalo dengerin musik sambil belajar, daripada sepi doang ajdi garing gitu mending sambil dengerin musik." 


                                                                            
3. Belajar sambil berdiskusi
Cara belajar yang satu ini banyak diterapkan oleh Untarian karena dianggap lebih efektif dibanding belajar sendirian. Apabila tidak mengetahui jawabannya, mahasiswa di dalam grup diskusi tersebut dapat menanyakan kepada mahasiswa lainnya yang lebih mengetahui mengenai permasalahan atau soal tersebut. Sehingga mereka dapat mendiskusikan soal tersebut dan akan menemukan jawabannya. Cara belajar ini diterapkan oleh Frando mahasiswa Teknik Sipil 2014. Ia seringkali pergi ke kosan temannya untuk belajar bersama teman - temannya. Cara belajar sambil berdiskusi diakui lebih membantunya menghafal semua materi yang diajarkan.

4. Belajar sambil membaca materi
Beda halnya dengan Julio, mahasiswa DKV semester 7 ini mengaku lebih suka belajar sambil melafalkan ulang materinya. "Biar keinget langsung di otak jadi diucapin ulang." Cara ini dirasa paling jitu untuk menghadapi ujian yang sudah dilaluinya selama 7 semester. 

Itulah cara - cara belajar para Untarian, kalo kamu menerapkan cara belajar yang mana?

Penulis : Yessica Yulia 915140071

Tidak ada komentar:

Posting Komentar