Kamis, 29 September 2016

Untarian Perlu Melawan Styrofoam dengan Kotak Makan dari Rumah!



Untarian Perlu Melawan Styrofoam dengan Kotak Makan dari Rumah!

Di era modern sekarang ini, semua barang jauh lebih dikatakan praktis untuk digunakan. Entah itu untuk keperluan sehari-hari, seperti wadah atau tempat yang cocok untuk meletakkan barang-barang, salah satunya adalah penggunaan styrofoam / polistirena busa.

Styrofoam / polistirena busa adalah suatu wadah buatan yang berwarna putih dan terbuat dari manik-manik polystyrene (kimia plastic) yang biasa digunakan untuk membungkus makanan yang sifatnya take away atau dibungkus. Meskipun praktis, ternyata si wadah putih satu ini banyak juga menimbulkan banyak efek yang tidak baik apalagi untuk kesehatan lho.. Wah apa aja ya?

Menurut survei pada tahun 1986 di AS, penelitian membuktikan bahwa penggunaan styrofoam dalam jangka panjang menyebabkan munculnya gejala saraf yang terganggu, seperti kelelahan, gelisah, sulit tidur, dan anemia. Yang lebih parah, dapat menjadi pemicu kanker payudara dan kanker prostat jika kerap menggunakan wadah berbahan kimia tersebut secara lebih dari puluhan tahun. Walaupun berbahaya, tetap saja pemakaian styrofoam masih dapat ditemukan dimana-mana, terutama di kantin , foodcourt dan bahkan jajanan di tempat umum. Yang dapat kita jumpai paling mudah adalah ketika kamu, Untarian, membeli makanan di jajanan samping kampus Untar dan melihat para penjual membungkus makanan yang sudah dibeli dengan menggunakan styrofoam.

Iya sih tau pake styrofoam memang bahaya, tapi gimana gak sempet bawa bekal dari rumah. Dan lebih praktis aja gitu pake ini, sekali pake langsung buang.” Ujar Michael Stefanus  (Fakultas Fikom 2014). Sama halnya dengan Yanuarius (Fakultas Ekonomi 2013) yang beranggapan bahwa ia biasa saja mendengar bahaya dari pemakaian wadah putih ini, “Terus mau makan ditatakin pakai apa kalo bukan pake styrofoam? Hahahaa..Ah tidak apa-apa lah asal bisa lebih cepat siap dan aman pas bawa makanannya.” Imbuhnya.
 
Hii..mengerikan lho membayangkan mengonsumsi makanan dengan menggunakan styrofoam bagi kesehatan tubuh saja sudah terbilang cukup seram dan itu sama saja dengan menerapkan gaya hidup yang sangat tidak sehat lho. Lalu kira-kira ada tidak solusi yang tepat agar Untarian bebas dari styrofoam

Yap! Ini solusinya. Bagi kamu tidak sempat menyiapkan makanan untuk dibawa saat kuliah pagi, dan terpaksa membeli makanan di kampus yang sifatnya dibungkus / take away , akan jauh lebih sehat ketika kamu menyiapkan kotak makan kosong sendiri dari rumah. Alasannya adalah, kamu menjadi lebih rajin untuk mulai menerapkan pola hidup sehat agar terbebas dari bahayanya styrofoam, juga kamu akan lebih rajin untuk mencuci kotak makan yang sudah kamu bawa dari kampus. 

Ditambah lagi, kamu akan lebih bersemangat ketika menyantap makanan kamu jika kotak makanmu berwarna-warni, dan serasa lagi piknik juga setiap harinya. Dicoba saja 1 minggu seperti ini, maka pasti Untarian akan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, dan pastinya akan menjadi suatu gaya hidup yang baru dan pastinya positif! 

Penulis - Wanli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar