Jumat, 30 September 2016

Tarumanagara Fitness Centre, kesempatan berolahraga di sela kesibukkan berkuliah


Memulai gaya hidup sehat tentu bukanlah hal yang mudah, mulai dari mengubah menu sehari - hari, mengatur pola makan agar lebih teratur hingga berolahraga secara teratur setiap hari. Apalagi bagi para mahasiswa yang lebih mementingkan prinsip "asal kenyang dan murah", makanan yang dikonsumsi pun jadi asal - asalan. Juga mengingat ada segudang aktivitas yang menuntut mahasiswa untuk bertindak serba cepat, membuat mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi junk food. Ditambah lagi dengan minimnya waktu luang yang ada, kita bahkan lupa untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Padahal, jika tubuh tidak fit maka kita akan sulit untuk menjalankan aktivitas sehari – hari. Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh yang paling umum dilakukan adalah berolahraga, namun tentu waktu luang yang kita miliki akan habis jika kita memilih tempat berolahraga yang jauh. Bukannya berolahraga, kita malah terjebak macet dan jadi tidak bisa mengerjakan tugas. 


Nah, bagi para Untarian tidak usah khawatir karena di kampus Untar sendiri terdapat Fitness Centre, yaitu Tarumanagara Fitness Centre. Lokasinya yaitu di Kampus I Untar, tepatnya di gedung parkir lantai 8 di sebelah lapangan bulu tangkis. Tarumanagara Fitness Centre ini buka dari jam 08.00 hingga jam 18.30 dan terbuka bagi mahasiswa, karyawan dan dosen. Sovie, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang merupakan member Tarumanagara Fitness Centre sejak tahun 2014 mengaku lebih senang berolahraga di Tarumanagara Fitness Centre ketimmbang pergi ke Fitness Centre lainnya. “Saya rasa sih lebih praktis ya kalau ke gym di kampus. Soalnya kan deket tuh jadi sebelum kelas ke gym terus mandi bentar abis itu masuk kelas langsung deh daripada cape – cape ke mall buat nge gym.” 


Alex, satpam yang sudah bekerja selama 3 tahun menjaga keamanan di Tarumanagara Fitness Centre mengatakan bahwa membernya mencapai 200an orang yang terdiri dari mahasiswa, karyawan dan dosen tiap bulannya. Ia juga menyarankan apabila ingin berolahraga di Tarumanagara Fitness Centre secara lebih privat, sebaiknya di pagi hari saja karena masih sepi mengingat kebanyakan mahasiswa sedang mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus. Hal tersebut diakui oleh David mahasiswa Fakultas Ekonomi yang sudah menjadi member sejak tahun 2012. Ia mengaku lebih senang berolahraga di pagi hari yaitu pada pukul 09.00 - 11.00. "Lebih sepi sih, lebih privat gimana gitu, kalo sore gue rada males sih harus nunggu gantian pake alatnya hahaha. Biasanya kumpulan cowok - cowok tuh sering make alatnya sekitar jam 5an gitu" 


 Fasilitas yang tersedia sama seperti Fitness Centre pada umummnya, yaitu terdapat kamar ganti pakaian, kamar mandi, loker dan ada sauna. Peralatan olahraga yang disediakan juga cukup lengkap, seperti treadmill, barbel, dumbbell, leg extension machine dan masih banyak lagi. Untuk menikmati fasilitas ini, hanya perlu membawa kartu mahasiswa dan membayar biaya sebesar Rp. 150.000,- setiap bulan. Bagaimana Untarian? Sudah siap memulai gaya hidup sehat?


 Penulis : Yessica Yulia 915140071

Tidak ada komentar:

Posting Komentar