Rabu, 28 September 2016

RTV Goes To Campus


 


Rajawali TV (RTV) merupakan salah satu televisi swasta yang ada di Indonesia. Kali ini RTV yang bekerja sama dengan Universitas Tarumanagara menggelar suatu event yaitu RTV Goes to Campus yang bertemakan “Lensa Indonesia”. RTV Goes to Campus ini merupakan suatu acara yang dilakukan untuk memberikan sharing dan menceritakan pengalaman mereka ketika terjun di dunia jurnalistik dari awal hingga kini.


Acara ini diadakan pada tanggal 8 September 2016, pukul 09.00-12.30 WIB di Lantai 8 Gedung M Universitas Tarumanagara. Dalam kesempatan kali ini terlihat banyak mahasiswa Universitas Tarumanagara yang berantusias dalam mengikuti acara ini. Beberapa narasumber yang hadir dalam acara ini ialah Makroen Sanjaya, Michael Tjandra, Inne Sudjono, dan Intan Bedisa. Banyak sekali pengetahuan penting tentang dunia jurnalistik yang diberikan oleh narasumber-narasumber tersebut, sehingga membuat para calon-calon jurnalis semakin terkesan ketika terjun didalam dunia jurnalistik. 

Michael tjandra menyebutkan,“Untuk menekuni dunia jurnalistik yang dibutuhkan ialah mental. Sehingga tidak hanya terjun didunia jurnalis, tetapi memiliki mental yang tangguh. Karena orang-orang pada saat ini membutuhkan mental yang bukan generasi milenial, melainkan punya daya tembus ke narasumber yang baik”. Itu pun menjadi salah satu kutipan motivasi bagi calon jurnalis untuk tetap semangat menggapai mimpi mereka.

Acara Seminar ini melatih mahasiswa untuk mampu berbicara di depan umum, dan berpikir kritis. Pembawaan yang menyenangkan membuat mereka aktif dan tak bosan untuk tetap di dalam ruangan tersebut, hingga di pengujung acara. Inilah RTV memiliki integritas, independent, serta kredibilitas yang tinggi. Tidak ada yang didukung untuk kepentingan politik, maupun memperoleh keuntungan komersial.


RTV berusaha membuat program yang disukai. Sebab RTV berdiri bertujuan untuk mandiri dalam ilmu, bukan merusak moral. “Guru/dosen untuk mendidik dibayar murah, artis untuk merusak moral dibayar mahal ”Inilah kalimat yang disampaikan oleh salah satu kru RTV. Hal ini di sampaikan untuk mahasiswa/i sadar bahwa betapa jahatnya media mempengaruhi masyarakat. Hiburan kesenangan semata seolah dibuat lupa akan pentingnya pendidikan.

RTV mengajak mahasiswa Universitas Tarumanagara untuk memilih tempat pekerjaan yang memiliki integritas secara kredibilitas, sebagai jurnalistik yang handal dan profesional. Bukan hanya sebagai pembaca berita saja tetapi RTV mengajarkan bahwa sebagai jurnalis tidak boleh malu dan harus berpegang teguh terhadap sikap jurnalisnya.

“Saya keluar dari Stasiun TV lain karena Stasiun TV tersebut telah membuat partai dimana dapat mempengaruhi kredibilitas terhadap diri saya”. Tutur seorang jurnalis senior Makroen Sanjaya selaku pemimpin redaksi dari RTV. Kepentingan politik mempermainkan kredibilitas seorang jurnalis. Jurnalis harus membuat keputusan untuk menetapkah dan mempertahankan posisi dari media tersebut atau menjadi seorang jurnalis yang mempertahankan konsisten jurnalis independen.

Penulis :        Andrea Prayoga T.S – 915140158
                       Rosalin Febriyanti – 915140122
                       Sarah Andinie – 915140179

Tidak ada komentar:

Posting Komentar